Cukup banyak pemilik Jupiter MX baik lawas maupun baru adalah penikmat performa. Jupiter Mx yang aslinya sudah kencang terutama diakselerasinya, seolah tak membuat pemiliknya puas begitu saja. saya juga merasa seperti itu, torsi badaknya mampu membuat ban depan terangkat tiap kali perpindahan gigi bahkan hingga gigi ke tiga masih terasa. Salah satu cara untuk menambah performa dari Jupiter MX adalah memperbesar kapasitas mesin dengan teknik bore up.
Cara ini cukup sering digunakan karena banyak part aftermarketnya. Nah untuk yang mau kohar, paling aman dan paling baik daya tahannya adalah bore up dengan memakai part dari V-ixion seperti blok silinder, seher beserta ringnya dan juga paking head+silinder. Pen piston bisa pakai punya Jupiter Mx dan kapasitas mesin menjadi 150cc. Kisaran harganya 750rb-800rb, tergantung Beresnya (Bengkel Resmi) tapi kalau lebih dari 800rb, mending cari Beres Yamaha yang lain. Sedikit tips, saat mau masang blok silinder vixion ke mx, pantat liner (boring yang tak tertutup blok silinder) vixion dipapas saja.
Cukup papas pada diameter luarnya agar masuk ke crankcase mx, gampangnya diameter luar pantat liner V-ixion disesuaikan dengan diameter luar pantat liner Jupiter Mx, biayanya 50rb. Kenapa sih bore up pakai paketan V-ixion lebih baik?Kan hanya 150cc alias naik 15cc saja.Itu karena sama-sama ada DiAsil Cylinder, Forged Piston dan ring seher yang punya teknologi Diamond like carbon. Terbukti sudah 2 tahun dan 20000km saya geber pol2an,alhamdulillah belum ada masalah dan belum ada asap putih keluar dari knalpot. Selain itu akan percuma bore up besar-besaran tapi part pendukungnya tak juga diupgrade, tenaga tak akan keluar dengan optimal. Oleh karena itu, part pendukung juga harus kena upgrade.
Nah part pendukungnya biar makin gahar.
1. Noken as minimal punya Vixion, harga 153rb. atau bisa juga pakai noken as aftermarket macam LHK, CLD, Kawahara tapi ada baiknya per klep juga diganti dan cek apakah klep mentok sama kepala seher ga. noken as + per klep kisaran 400rb+500rb.
2. CDI racing, bisa BRT, Rextor atau Varro. kisaran 350rb-1 juta.ini untuk memperpanjang nafas sehingga raihan top speed juga bisa lebih tinggi.
3. Knalpot minimal free flow alias bobok. kalo bisa ya beli knalpot racing atau custom. kisaran harga 350rb - 1 jutaan.tergantung merek dan tipe.
4, Jika memungkinkan, karbu dan klep juga diperbesar. karbu bisa pakai ukuran 28mm beserta intake dan klep, kalo mau awet dan flownya bagus, mesen super head dari BRT aja tapi harganya 3 juta. oh iya harga karbu pe28 beserta pj mj dan intake 800rb - 900rb. oh iya kabel gasnya custom aja, kisaran 25rb.
5. Koil karisma dan busi NGK platinum, buat bakar asupan BBM+udara yang makin banyak. oh iya yang ini kalo ente udah ganti klep ya. 150rb.
0 komentar:
Posting Komentar